Rabu, 14 Maret 2012

Membudidayakan Tanaman Buah Berupa Semak (Nanas)


Judul                    : Budidaya Nanas
Penulis                 :
Ir. Tri Prayogo
Penerbit               : PD. Nusa Jaya
Tebal                   : 27 halaman
Cetakan               : Cetakan I 2009
Tahun Terbit       :
 Juni 2008
Jenis Buku           : Non Fiksi Pengetahuan


                                Nanas merupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas Comusus. Nanas berasal dari Brasilia (Amerika Selatan) yang telah di domestikasi disana sebelum masa Colombus. Pada abad ke-16, orang Spanyol membawa nanas ini ke semenanjung Malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15 (1599). Di Indonesia pada mulanya hanya tanaman pekarangan, dan meluas dikebunkan di lahan kering. Tanaman ini kini dipelihara di daerah tropik dan sub tropik.
                        Buku yang ditulis oleh Ir. Tri Prayogo ini, memuat 11 pokok bahasan tentang buah nanas mulai dari sejarah singkat tentang buah nanas, jenis – jenis tanaman nanas, manfaat nanas, sentra penanaman nanas, syarat tumbuh tanaman nanas, pedoman budidaya nanas, hama dan penyakit nanas, panen nanas, pasca panen nanas, analisis ekonomi budidaya nanas, hingga standard produksi nanas.
            Buku ini memiliki kekurangan yakni penulis mengarang buku ini terlalu sederhana maksudnya buku ini kurang rinci dalam menerangkan sesuatu. Dibalik kelemahan tersebut, buku ini juga memiliki kelebihan yakni buku ini sangat menarik untuk dibaca karena buku ini mempunyai gambar – gambar yang menarik pembaca, dan memberi informasi tentang tanaman nanas secara sederhana tetapi dimengerti oleh pembaca.
                        Buku yang berjudul “ Budidaya Nanas “ ini  bisa dibaca oleh semua kalangan masyarakat bukan hanya dibaca oleh petani buah nanas. Buku yang bertebal 27 halaman ini sangat bermanfaat bagi kita terutama petani buah nanas karena petani buah nanas tersebut masih membutuhkan referensi ilmu tentang arahan teknis pembudidayaan nanas agar hasil pertaniannya dapat menghasilkan secara maksimal.
            Lewat buku ini, kita terutama petani buah nanas lebih mengerti tentang pembudidayaan buah nanas yang baik sehingga menghasilkan buah nanas yang berkualitas.


ü  Kelebihan :
1.      Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena buku ini mempunyai gambar – gambar yang menarik pembaca
2.      Memberi informasi tentang tanaman nanas secara sederhana tetapi dimengerti oleh pembaca.
3.      Sampul buku menarik karena dilengkapi gambar – gambar yang menarik.

ü  Kelemahan :
1.      Penulis mengarang buku ini terlalu sederhana maksudnya buku ini  kurang terperinci dalam menerangkan sesuatu
2.      Buku yang diterbitkan juga terlalu kecil ukurannya untuk para pembaca.

ü  Nilai Buku :
Buku ini sangat layak dibaca oleh semua kalangan masyarakat bukan hanya petani buah nanas.

ü  Manfaat Buku :
Buku ini  bermanfaat bagi kita terutama petani buah nanas karena petani buah nanas tersebut masih membutuhkan referensi ilmu tentang arahan teknis pembudidayaan nanas agar hasil pertaniannya dapat menghasilkan   secara maksimal.

ü  Tujuan Buku :
Buku ini bertujuan untuk membantu para petani buah nanas agar petani buah nanas mengerti tentang arahan teknis pembudidayaan nanas agar hasil pertaniannya dapat menghasilkan secara maksimal.

ü  Tanggapan :
Menurut saya, buku ini sangat menarik, karena buku ini bukan hanya dibaca oleh petani nanas tetapi juga bisa di baca oleh semua kalangan masyarakat. Buku ini membuat masyarakat lebih mengetahui tentang kegunaan buah nanas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar