Sabtu, 18 Februari 2012

Bertanam Kelapa Kopyor yang Baik

  By Achmad Afandi

Judul                    : Bertanam Kelapa Kopyor
Penulis                 :
Ir. Mita Wahyuni
Penerbit               : PT. Penebar Swadaya
Tebal                   : 28 halaman
Cetakan               : Cetakan V 1992
Tahun Terbit        :
 1992
Jenis buku            : Non fiksi Pengetahuan

                        Kelapa kopyor sudah sangat populer di banyak kota besar, terutama di pulau Jawa, karena rasa, aroma, dan tekstur daging buahnya yang khas itu. Apabila daging kelapa kopyor dicampurkan ke dalam segelas es sirup, lalu diminum pada siang hari yang terik, akan terasa sangat menyegarkan kerongkongan kita. Faktor yang paling membedakan kelapa kopyor dari kelapa biasa adalah tekstur daging buahnya. Bila daging buah kelapa biasa bertekstur keras dan melekat erat pada tempurunng kulitnya , maka daging kelapa kopyor mempunyai tekstur yang sangat lunak, mudah dipecah dan tidak melekat sempurna pada tempurung kulit kelapanya  sehingga menjadi lebih mudah dikerok.
               Buku yang ditulis oleh IR. Mita Wahyuni ini memuat 4 pokok bahasan yaitu pendahuluan, pohon kelapa, selintas kilas bertanam kelapa, dan pemberantasan hama dan penyakit pada kelapa kopyor.
               Buku ini memiliki kekurangan yaitu  buku ini kurang menarik dibaca oleh kalangan anak – anak karena buku ini tidak dilengkapi gambar- gambar yang menarik dan kertas buku sudah tidak memiliki daya tarik lagi apalagi cover buku atau sampul buku terlalu sederhana. Dibalik kekurangan yang ada di buku yang berjudul “Bertanam Kelapa Kopyor” ini mempunyai kelebihan yaitu memberi informasi terhadap pembaca tentang kelapa kopyor secara lengkap dan rinci, memberi resep kepada pembaca tentang berbagai cara tata cara bertanam. Buku ini bisa di baca oleh semua kalangan masyarakat bukan hanya dibaca oleh petani kelapa kopyor. Buku ini sangat bermanfaat bagi kita terutama petani kelapa kopyor  karena petani kelapa kopyor membutuhkan banyak referensi ilmu tentang arahan penanaman yang baik agar hasil pertaniannya dapat menghasilkan secara maksimal.
              Lewat buku yang bertebal 28 halaman ini, kita terutama petani kelapa kopyor lebih mengerti tentang penanaman kelapa kopyor yang baik sehingga menghasilkan kelapa kopyor yang berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.


ü  Kelebihan :
1.      Memberi informasi terhadap pembaca tentang kelapa kopyor secara lengkap dan rinci
2.      Memberi resep kepada pembaca tentang berbagai cara tata cara bertanam.

ü  Kelemahan :
1.      Buku ini kurang menarik dibaca oleh kalangan anak – anak karena buku ini tidak dilengkapi gambar- gambar yang menarik
2.      Kertas buku sudah tidak memiliki daya tarik lagi apalagi cover buku atau sampul buku terlalu sederhana.
3.      Buku yang diterbitkan juga terlalu kecil ukurannya untuk para pembaca.

ü  Nilai Buku :
Buku ini sangat layak dibaca oleh semua kalangan masyarakat bawah maupun atas.

ü  Manfaat Buku :
1.      Buku ini  bermanfaat petani kelapa kopyor  karena petani kelapa kopyor membutuhkan banyak referensi ilmu tentang arahan penanaman yang baik agar hasil pertaniannya dapat menghasilkan secara maksimal.
2.      Buku ini juga bermanfaat bagi kita karena buku ini terdapat cara – cara memilih kelapa kopyor yang memiliki kualitas yang baik.

ü  Tujuan Buku :
Buku ini bertujuan untuk membantu para petani buah nanas agar petani kelapa kopyor mengerti penanaman kelapa kopyor yang baik sehingga menghasilkan kelapa kopyor yang berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

ü  Tanggapan :
Menurut saya, buku ini saya rasa sangat baik buat para petani kelapa kopyor. Dengan adanya buku ini para petani kelapa kopyor mendapatkan ilmu yang lebih tentang kelpa kopyor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar